Bagaimana Anak Austistik berkomunikasi?
- Sebagian tidak berkomunikasi baik verbal maupun nonverbal.
 - Tidak mampu mengekpresikan perasaan maupun keinginan
 - Sukar memahami kata-kata bahasa orang lain dan sebaliknya kata-kata/bahasa mereka sukar dipahami maknanya.
 - Berbicara sangat lambat, monoton, atau tidak berbicara sama sekali.
 - Kadang-kadang mengeluarkan suara-suara aneh.
 - Berbicara tetapi bukan untuk berkomunikasi.
 - Suka bergumam.
 - Dapat menghafal kata-kata atau nyanyian tanpa memahami arti dan konteksnya.
 - Perkembangan bahasa sangat lambat bahkan sering tidak tampak.
 - Komunikasi terkadang dilakukan dengan cara menarik-narik tangan orang lain untuk menyampaikan keinginannya.
 
Bagaimana anak austistik bergaul?
- Tidak ada kontak mata
 - Menyembunyikan wajah
 - Menghindar bertemu dengan orang lain
 - Menundukkan kepala
 - Membuang muka
 - Hanya mau bersama dengan ibu/keluarganya
 - Acuh tak acuh, interaksi satu arah.
 - Kurang tanggap isyarat sosial.
 - Lebih suka menyendiri.
 - Tidak tertarik untuk bersama teman.
 - Tidak tanggap / empati terhadap reaksi orang lain atas perbuatan sendiri.
 
Bagaimana anak autistik membawakan diri ?
- Menarik diri
 - Seolah-olah tidak mendengar (acuk tak acuh/tambeng)
 - Dapat melakukan perintah tanpa respon bicara
 - Asik berbaring atau bermain sendiri selama berjam-jam
 - Lebih senang menyendiri.
 - Hidup dalam alam khayal (bengong)
 - Konsentrasi kosong
 - Menggigit-gigit benda
 - Menyakiti diri sendiri
 - Sering tidak diduga-duga memukul teman
 - Menyenangi hanya satu/terbatas jenis benda mainan
 - Sering menangis/tertawa tanpa alasan
 - Bermasalah tidur/tertawa di malam hari
 - Memukul-mukul benda (meja, kursi)
 - Melakukan sesuatu berulang-ulang (menggerak-gerakkan tangan, mengangguk-angguk dsb)
 - Kurang tertarik pada perubahan dari rutinitas
 
Bagaimana kepekaan sensori integratifnya anak autistik ?
- Sangat sensitif terhadap sentuhan ,seperti tidak suka dipeluk.
 - Sensitif terhadap suara-suara tertentu
 - Senang mencium-cium, menjilat mainan atau benda-benda.
 - Sangat sensitif atau sebaliknya, tidak sensitif terhadap rasa sakit.
 
Bagaimana Pola Bermain autistik anak?
- Tidak bermain seperti anak-anak pada umumnya.
 - Kurang/tidak kreatif dan imajinatif
 - Tidak bermain sesuai fungsi mainan
 - Menyenangi benda-benda berputar, sperti kipas angin roda sepeda, dan lain-lain.
 - Sering terpaku pada benda-benda tertentu
 
Bagaimana keadaan emosi anak autistik ?
- Sering marah tanpa alasan.
 - Sering mengamuk tak terkendali (temper tantrum )bila keinginan tidak dipenuhi.
 - Tiba-tiba tertawa terbahak-bahak atau menangis tanpa alasan
 - Kadang-kadang menyerang orang lain tanpa diduga-duga.
 
Bagaimana kondisi kognitif anak autisti ?
Menurut Penelitian di Virginia University di Amerika Serikat diperkirakan 75 – 80 % penyandang autis mempunyai kemampuan berpikir di bawah rata-rata/retardasi mental, sedangkan 20 % sisanya mempunyai tingkat kecerdasan normal ataupun di atas normal untuk bidang-bidang tertentu.
Menurut Penelitian di Virginia University di Amerika Serikat diperkirakan 75 – 80 % penyandang autis mempunyai kemampuan berpikir di bawah rata-rata/retardasi mental, sedangkan 20 % sisanya mempunyai tingkat kecerdasan normal ataupun di atas normal untuk bidang-bidang tertentu.
- Sebagian kecil mempunyai daya ingat yang sangat kuat terutama yang berkaitan denga obyek visual (gambar)
 - Sebagian kecil memiliki kemampuan lebih pada bidang yang berkaitan dengan angka.
 
0 komentar
Posting Komentar