Home » label 3 » Anak Autis

Anak Autis

Anak autistik menunjukkan gangguan–gangguan dalam aspek-aspek berikut ini: (sering dapat diamati sehari-hari)
Bagaimana Anak Austistik berkomunikasi?

  1. Sebagian tidak berkomunikasi baik verbal maupun nonverbal.
  2. Tidak mampu mengekpresikan perasaan maupun keinginan 
  3. Sukar memahami kata-kata bahasa orang lain dan sebaliknya kata-kata/bahasa mereka sukar dipahami maknanya.
  4. Berbicara sangat lambat, monoton, atau tidak berbicara sama sekali. 
  5. Kadang-kadang mengeluarkan suara-suara aneh.  
  6. Berbicara tetapi bukan untuk berkomunikasi.
  7. Suka bergumam. 
  8. Dapat menghafal kata-kata atau nyanyian tanpa memahami arti dan konteksnya. 
  9. Perkembangan bahasa sangat lambat bahkan sering tidak tampak. 
  10. Komunikasi terkadang dilakukan dengan cara menarik-narik tangan orang lain untuk menyampaikan keinginannya.
Bagaimana anak austistik bergaul?
  1. Tidak ada kontak mata
  2. Menyembunyikan wajah 
  3. Menghindar bertemu dengan orang lain 
  4. Menundukkan kepala 
  5. Membuang muka 
  6. Hanya mau bersama dengan ibu/keluarganya 
  7. Acuh tak acuh, interaksi satu arah. 
  8. Kurang tanggap isyarat sosial. 
  9. Lebih suka menyendiri.  
  10. Tidak tertarik untuk bersama teman. 
  11. Tidak tanggap / empati terhadap reaksi orang lain atas perbuatan sendiri.
Bagaimana anak autistik membawakan diri ?
  1. Menarik diri
  2. Seolah-olah tidak mendengar (acuk tak acuh/tambeng) 
  3. Dapat melakukan perintah tanpa respon bicara 
  4. Asik berbaring atau bermain sendiri selama berjam-jam
  5. Lebih senang menyendiri. 
  6. Hidup dalam alam khayal (bengong) 
  7. Konsentrasi kosong 
  8. Menggigit-gigit benda 
  9. Menyakiti diri sendiri 
  10. Sering tidak diduga-duga memukul teman
  11. Menyenangi hanya satu/terbatas jenis benda mainan 
  12. Sering menangis/tertawa tanpa alasan 
  13. Bermasalah tidur/tertawa di malam hari 
  14. Memukul-mukul benda (meja, kursi) 
  15. Melakukan sesuatu berulang-ulang (menggerak-gerakkan tangan, mengangguk-angguk dsb)
  16. Kurang tertarik pada perubahan dari rutinitas
Bagaimana kepekaan sensori integratifnya anak autistik ?
  1. Sangat sensitif terhadap sentuhan ,seperti tidak suka dipeluk.
  2. Sensitif terhadap suara-suara tertentu 
  3. Senang mencium-cium, menjilat mainan atau benda-benda. 
  4. Sangat sensitif atau sebaliknya, tidak sensitif terhadap rasa sakit.
Bagaimana Pola Bermain autistik anak?
  1. Tidak bermain seperti anak-anak pada umumnya.
  2. Kurang/tidak kreatif dan imajinatif  
  3. Tidak bermain sesuai fungsi mainan 
  4. Menyenangi benda-benda berputar, sperti kipas angin roda sepeda, dan lain-lain. 
  5. Sering terpaku pada benda-benda tertentu
Bagaimana keadaan emosi anak autistik ?
  1. Sering marah tanpa alasan.
  2. Sering mengamuk tak terkendali (temper tantrum )bila keinginan tidak dipenuhi. 
  3. Tiba-tiba tertawa terbahak-bahak atau menangis tanpa alasan 
  4. Kadang-kadang menyerang orang lain tanpa diduga-duga.
Bagaimana kondisi kognitif anak autisti ?

Menurut Penelitian di Virginia University di Amerika Serikat diperkirakan 75 – 80 % penyandang autis mempunyai kemampuan berpikir di bawah rata-rata/retardasi mental, sedangkan 20 % sisanya mempunyai tingkat kecerdasan normal ataupun di atas normal untuk bidang-bidang tertentu.
  1. Sebagian kecil mempunyai daya ingat yang sangat kuat terutama yang berkaitan denga obyek visual (gambar)
  2. Sebagian kecil memiliki kemampuan lebih pada bidang yang berkaitan dengan angka.
Print

0   komentar

Posting Komentar

Cancel Reply